Lulusan Programmer Java? Ini Pilihan dan Tingkatan Karir yang Bisa Dipertimbangkan

Dunia Teknologi Diantara banyak sekali lulusan dan juga sarjana dari berbagai bidang, sarjana yang lulus sebagai Java Programmer pun semakin banyak. Bahkan di tahun 2017 ini, lulusan dari Java Programer disinyalir sudah bertambah lebih dari 19 persen dari pada tahun lalu. Sebuah angka yang sangat menakjubkan tentunya. Lalu, apa bidang pekerjaan yang bisa dilakukan oleh pada Java Programmer?

Tentu saja menjadi seorang programmer dan juga seorang developer. Namun selain itu masih ada beberapa bidang pekerjaan lain domino qiu qiu yang bisa dilakukan oleh lulusan dari Java Programer ini. 3 bidang pekerjaan berbeda di bawah ini misalnya.

Selain itu, program Java yang semakin jarang dan sedikit digunakan memang semaking membuat banyak lulusan Java Programer galau. Karena itu simak terlebih dahulu 3 jenis pekerjaan untuk pilihan karir Java Programmer ini.

1. Back-End Developer

Bidang karir pertama yang bisa dipilih seseorang yang lulus dari Java Programmer ialah Back-End Developer. Back-End Developer merupakan programer khusus yang tugasnya untuk menulis kode untuk Back-End server. Dimana salah satu kriteria untuk pekerjaan ini memiliki pengetahuan untuk inti platform Java.

Back-End Developer juga memiliki beberapa tanggung jawab lain, seperti mengerjakan kode untuk Database Server, Web Server, dan Aplikasi Server. Nah bila kamu berminat dengan pekerjaan yang tengah banyak dicari oleh perusahaan ini, lebih dulu pastikan kamu memiliki beberapa kemampuan seperti EJBs atau Enterprise Java Beans, SQL, JSP dan Servlets, dan REST Service, yang banyak digunakan untuk mengekspos program API kepada layanan Web.

2. Big Data Developer

Untuk lulusan Java Programmer yang lain dan memiliki banyak kemampuan statistik serta data, maka pilihan karir yang bisa dilakukan antara lain seperti Big Data Developer. Big Data Developer saat ini memang menjadi karir yang paling banyak diburu oleh perusahaan, yang semakin membutuhkan seseorang yang benar-benar ahli dalam hal pengolahan data.

Selain keahlian untuk Java, seorang Big Data Developer juga wajib memiliki beberapa pengetahuan dan juga kemampuan lain seperti Hadoop, Spark, PIG, serta MapReduce, yaitiu merupakan sebuah teknologi yang paling mendasari tentang Big Data Processing atau proses dari data yang ukurannya besar.

3. Android Developer

Karir lain yang bisa menjadi pilihan untuk seorang programmer java ialah Android Developer. Seorang Android Developer memang tengah menjadi karir yang banyak diburu selama ini, terutama dengan menjamurnya aplikasi dan juga game di sistem operasi Android itu sendiri.

Android merupakan salah satu sistem operasi yang mana nyaris semua aplikasi yang ada di dalamnya menggunakan basis Java. Karena itu, seorang Java Programer pun biasanya akan bergabung dengan perusahaan penyedia software Android ini sendiri. Dan tentunya menjadi Android Developer pun memiliki banyak sekali keuntungan yang tak bisa dikesampingkan begitu saja.

Nah dari 3 karir untuk Java Programmer di atas, masing-masing memiliki tingkatan karirnya sendiri. Namun yang pasti, dari masing-masing karir akan paling tidak melewati tingkatan karir seperti di bawah ini.

4.Junior programmer

Biasanya mereka yang baru saja lulus, tak terkecuali lulusan dari Java Programmer akan bekerja sebagai Junior Programer lebih dulu. Mereka biasanya belum dibiarkan mengerjakan sebuah proyek nagaqq sendiri melainkan akan membutuhkan pengawasan dari programer senior atau malah dari engineering. Bahkan biasanya, junior programmer ini hanya diminta mengerjakan bugs saja.

5.Senior programmer

Setelah beberapa tahun sebagai junior programmer tak menutup kemungkinan kamu sudah akan diminta untuk menjadi senior programer. Senior Java Programer memang bukan hanya berpatok pada lamanya waktu kerja. Namun lebih pada pengalaman yang dimiliki serya banyakya proyek yang sudah pernah dikerjakan.

6.Engineering

Sebuah sebagai engineering Java Programmer merupakan seseorang yang sudah memikiki banyak sekali pengalaman dalam bekerja untuk sebuah kode. Selain itu juga mereka yang biasanya sudah mampu membuat program sendiri dan memecahkan masalah yang ada di program tersebut.

7.Manajer

Tentu saja tingkatan karir tertinggi di Java Programmer. Manajer biasanya merupakan seorang pemimpin tim dengan banyak pengalaman dan juga kemampuan yang mampu membawahi juniornya.